Aplikasi Pajak yang Sangat Membantu Menangani Perpajakan

No Comments

Perkembangan teknologi sekarang ini memang sangat membantu. Bagaimana tidak? Ada beberapa sektor yang sangat terbantu dengan adanya teknologi modern guna menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut begitu menguntungkan karena waktu kerja menjadi sangat efisien dan juga praktis. Salah satunya adalah perkembangan teknologi komunikasi khususnya internet. Internet sudah mempengaruhi berbagai sektor lapangan pekerjaan. Pemerintah pun juga merasa terbantu dengan hal itu, salah satunya yang menangani perpajakan. Sekarang ini muncul aplikasi pajak yang sangat canggih dan terbukti membantu siapa saja yang menggunakannya.

Nama Aplikasi Pajak dari Direktorat Jenderal Pajak

Mungkin aplikasi pajak berbeda dengan aplikasi jenis lainnya. Terlebih lagi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pajak, banyak aplikasi pajak yang bisa di install maupun di download untuk membantu Anda dalam menghitung tagihan wajib tersebut. Sebagian lagi bisa membantu Anda untuk langsung melaporkannya ke Dirjen Pajak.

Aplikasi e-SPT Tahunan PPh Badan

Aplikasi pajak yang satu ini memiliki fungsi untuk digunakan oleh wajib pajak melakukan pembukuan. Aplikasi tersebut langsung dibuat oleh Dirjen Pajak dan ini juga sudah dilengkapi dengan mata uang rupiah dan dollar Amerika. Anda pun bisa mendownloadnya untuk bisa memanfaatkannya guna membantu Anda dalam melakukan pembukuan khusus untuk menghitung e-SPT Tahunan PPH Badan secara full patch.

E-SPT Tahunan PPh 1770 dan 1770S sesuai Per.19.PJ.2014

Salah satu aplikasi pajak yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak berikutnya memiliki fungsi untuk melaporkan SPT tahunan tahun pajak mulai dari 2015 dan aplikasi khusus pajak tersebut digunakan oleh wajib pajak orang pribadi.

Patch e-SPT Masa PPh versi 2.0

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pajak yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak. Salah satunya adalah aplikasi ini, khusus untuk yang satu itu berguna untuk menghitung pajak penghasilan atau PPh. Yang bisa menggunakannya adalah wajib pajak orang pribadi, wajib pajak badan, bendaharawan maupun pemotong atau pemungut.

Ketiga aplikasi pajak tersebut bisa Anda gunakan untuk menghitung atau membantu Anda dalam melakukan pembukuan. Namun ternyata, Direktorat Jenderal Pajak memiliki banyak aplikasi tentang perpajakan yang bisa Anda manfaatkan. Dengan memakai aplikasi tersebut, tentu Anda mendapatkan beberapa keuntungan.

Keuntungan Memakai Aplikasi Pajak

Memakai aplikasi pajak yang disediakan oleh pemerintah tidak ada salahnya. Selain dari pemerintah, ada juga aplikasi tentang pajak yang bisa Anda pilih. Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang bisa Anda dapatkan di sini, antara lain sebagai berikut:

Kerja menjadi lebih cepat

Sistem online pajak memang sangat membantu dan salah satunya adalah kerja menjadi lebih cepat. Anda pun akan dibantu penghitungan dan pembukuan secara akurat dengan mesin komputer. Sistem online juga memudahkan Anda langsung bisa melaporkan ke Dirjen Pajak dengan aplikasi yang sudah disediakan sehingga jam kerja Anda menjadi cepat dan lebih efisien.

Melaporkan pajak kapan saja dan di mana saja

Saat Anda sedang di luar kota dan saat itu juga bertepatan dengan pelaporan pajak, Anda pun tak perlu khawatir dan repot-repot membawa berkas-berkas pajak karena dengan menggunakan aplikasi online pajak kekhawatiran Anda akan hilang. Anda bisa memanfaatkan layanan secara online tersebut untuk laporan pajak Anda dan hal tersebut berlaku kapan saja dan di mana saja.

Menghitung secara akurat dan otomatis

Mungkin ada beberapa orang yang menghitung pajaknya dengan cara manual dan hal itu sangat menguras waktu dan juga tenaga. Dengan memakai sistem aplikasi, Anda bisa menghitung otomatis dan lebih akurat menggunakan mesin komputer. Anda pun bisa menghemat tenaga dan waktu untuk hal lainnya.

Jadi kesimpulannya adalah memakai aplikasi pajak sangat dianjurkan untuk membantu kerja Anda menjadi lebih efisien dan efektif lagi. Carilah sistem aplikasi yang sudah disahkan oleh Dirjen Pajak agar Anda bisa langsung melaporkan pajak tersebut ke pihak berwenang.

Your Thoughts