Cara Daftar Pajak Online Tidak Sesulit yang Dibayangkan

No Comments

Bagi Anda yang dalam ketentuan perpajakan sudah termasuk sebagai peserta wajib pajak, tentunya harus mengetahui cara daftar pajak online dan prosedur pembayarannya. Hal ini dilakukan agar Anda terhindari dari sanksi perpajakan atau hukum pidana karena melanggar aturan sebagai seorang wajib pajak. Untuk bisa membayar pajak sesuai dengan kewajibannya, Anda harus memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

NPWP ini bisa didaftarkan secara online atau offline. Untuk sistem offline, Anda bisa datang langsung ke kantor pajak terdekat dan mengikuti prosedur yang diberitahukan oleh pihak yang bekerja di kantor perpajakan. Tapi jika Anda ingin mendaftar secara online, berikut ini adalah cara daftar pajak online.

Cara Daftar Pajak Online Mudah

Cara daftar pajak online tidaklah sesulit apa yang Anda pikirkan selama ini. Karena pada dasarnya pendataran pajak online menerapkan 3 langkah umum yakni pendaftaran akun, pengisian formulir dan penyampaian formulir. Berikut ini adalah step-step pendaftaran pajak online yang wajib Anda ikuti.

Pendaftaran akun

Cara daftar pajak online yang pertama adalah pendaftaran akun. Hanya saja, sebelum melakukan tahap ini Anda harus menyiapkan scan KTP terbaru terlebih dahulu. Jika sudah siap, Anda buka website resmi registrasi pajak pada browser. Klik daftar untuk mulai mendaftarkan akun baru. Kemudian, masukkan email yang masih aktif. Email ini akan digunakan untuk konfirmasi pendaftaran. Buka email pada laman baru dan klik link yang tertera dalam email terkait dengan aktivasi pendaftaran akun. Cara daftar pajak online selanjutnya, Anda isi form pendaftaran akun dengan data yang benar. Kemudian, cek email lagi dan klik link untuk aktivasi.

Pengisian Formulir

Cara daftar pajak online selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Pertama, Anda log in menggunakan akun baru yang tadi dibuat terlebih dahulu. Pada kategori wajib pajak, sesuaikan dengan status Anda saat ini. Karena wanita yang menikah (istri) tidak wajib mempunyai NPWP karena pajak ditanggung oleh suami. Data yang harus diisi selanjutnya adalah identitas lalu penghasilan. Pada menu penghasilan, akan ada 4 pilihan yakni hubungan kerja (karyawan swasta, pegawai negeri, BUMN dan lain sebagainya, kegiatan usaha (wirausaha), pekerjaan bebas (notaris, dokter), dan lainnya (freelance).

Dalam tata cara daftar pajak online ini, Anda juga diharuskan untuk mengisi alamat tinggal sesuai dengan KTP. Isi pula alamat usaha, tanggungan serta gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. Tanggungan maksimal adalah 3 anak, jadi jika Anda memiliki 4 anak atau lebih tetap isi 3. Kemudian, pilih metode mana terkait dengan pengiriman berkas. Pengiriman berkas ini bisa Anda lakukan dengan mengirim via JNE atau Pos atau bisa juga dengan mengupload di website. Jika ingin memilih upload, Anda tinggal mengunggah scan KTP yang sudah disiapkan tadi, klik 2 centang bertuliskan Benar dan Lengkap dan Klik Finish.

Penyampaian formulir

Setelah Anda menyelesaikan formulir pendaftaran NPWP online, klik menu “minta token”. Cek email dan copy kode yang disediakan untuk melanjutkan proses pendaftaran. Cara daftar pajak online selanjutnya, Anda masuk ke halaman pendaftaran lagi dan klik tulisan “kirim permohonan”. Setelah di klik, masukan kode yang telah di copy dan klik kirim. Terakhir, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran telah selesai dan masuk ke kantor pajak.

Daftar Pajak Online dan Manfaatnya

Cara di atas sangat mudah bukan? manfaat pajak online adalah menghilangkan kesempatan orang untuk mengelabui data terkait dengan pembayaran pajak. Selain itu, pajak online ini juga memudahkan wajib pajak untuk mendaftar dan membayar pajak tanpa harus mengantri di kantor KPP. Sekian informasi cara daftar pajak online, semoga bermanfaat.

Your Thoughts