Cara Isi Pajak Online: Apa Saja Keunggulanya dan Bagaimana Prosedurnya

No Comments

Mungkin bagi sebagian orang, mendengar istilah pajak online belum cukup familiar di telinga mereka. Bagaimana pengertian dan cara isi pajak online pun juga nampaknya masih bisa dibilang cukup asing. Ketika Anda bertanya-tanya tentang pajak online, hal tersebut terbilang wajar karena pelayanan pajak seperti ini masih baru. Layanan pajak online juga baru tersedia di beberapa kota-kota besar saja.

Sistem pajak online ini merupakan langkah besar yang diambil oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan tujuan meningkatkan akuntabilitas serta transparansi layanan pajak yang ada di Indonesia. Layanan tersebut dinamakan DJP online. Adanya sistem ini diharapkan mampu menyediakan pelayanan yang terbaik kepada para wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya. Selanjutnya, cara isi pajak online akan dipaparkan di bagian berikutnya.

Cara Isi Pajak Online: Beberapa Keunggulan yang Perlu Diketahui

Terdiri dari empat jenis pelayanan elektronik

Sebelum mengetahui cara isi pajak online, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa saja keunggulan dari sistem layanan pajak ini. Yang pertama adalah DJP online terdiri dari empat jenis pelayanan elektronik. Keempat layanan elektronik tersebut meliputi e-Registration NPWP, e-Billing Bayar Pajak, e-SPT Lapor Pajak, dan yang terakhir adalah e-Filling Penyampaian SPT.

Meningkatkan akses pelayanan

Keunggulan yang kedua dari cara isi pajak online adalah mampu meningkatkan akses pelayanan. Sesuai namanya, DJP online ini bisa diakses secara online dimana saja. Wajib pajak juga bisa melakukan pembayaran pajak pada teller, mobile banking, maupun ATM yang ada di Indonesia. Dengan sistem online, pelayanan pajak akan menjadi lebih cepat sehingga memudahkan para  wajib pajak untuk melakukan pelaporan dan pembayaran pajak secara terkoneksi dan komprehensif.

Meningkatkan keamanan setoran pajak

DJP online juga memiliki kelebihan lainnya yaitu mampu meningkatkan keamanan setoran pajak. Ia juga memiliki prospek yang baik di era dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin canggih. Dari segi keamanan, bukan tidak mungkin bahwa DJP online mampu mengurangi adanya main mata para wajib pajak dengan oknum pajak. Selanjutnya, cara isi pajak online akan dipaparkan kepada Anda melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Isi Pajak Online dalam Tiga Langkah

Bagaimana prosedur mengisi pajak online? Ada tiga jenis formulir SPT yang harus dipilih sesuai dengan kondisi Anda, antara lain formulir e-Filling 1770 SS, e-Filling 1770 S, dan SPT 1770. Sedangkan untuk langkah-langkahnya dalam cara isi pajak online adalah sebagai berikut:

Isi data formulir

Langkah pertama untuk cara isi pajak online adalah mengunjungi website e-Filling pajak atau DJP online. Silakan Login menggunakan akun e-Filling yang dimiliki, lalu masukkan NPWP serta password. Setelah berhasil Login, klik tulisan e-Filling pada website. Klik tulisan Buat SPT. Jawablah pertanyaan yang tertera di website, kemudian klik (misalnya) SPT1770 SS (sesuai formulir wajib pajak). Selanjutnya, isilah data fomulir dengan memilih tahun pajak, status SPT, dan klik berikutnya.

Isi data SPT

Tahapan berikutnya dalam cara isi pajak online adalah mengisi data SPT pajak online. Silakan melengkapi semua kolom pada bagian A sesuai bukti potong A2/A1, lalu klik berikutnya. Kemudian, silakan mengisi bagian B. Klik berikutnya. Bagian yang terakhir adalah bagian C yang juga harus dilengkapi. Baca baik-baik pernyataan Anda sebelum mengklik setuju.

Kirim SPT

Cara isi pajak online yang terakhir adalah mengirim SPT. Klik atau pilih tulisan [di sini] kemudian pilih email. Setelah itu, bukalah email yang Anda miliki pada tab lainnya untuk menyalin kode verifikasi. Lalu silakan kembali ke website DJP online untuk menempel kode tersebut di kolom yang tersedia. Selanjutnya, silakan klik kirim.

Your Thoughts