Ternyata Cara Lapor Pajak Online Sangat Mudah Kita Lakukan

No Comments

Warga bijak, taat pajak. Itulah slogan yang sering digunakan oleh pemerintah agar masyarakat lebih menyadari pentingnya membayarkan pajak. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui cara lapor pajak online dengan benar. Ternyata cara lapor pajak online itu sangat mudah kita lakukan dan Justru sangat membantu wajib pajak untuk melaporkan pajak dengan lebih efesien. Setidanya wajib pajak bisa menghemat waktu dan tenaga tanpa perlu datang langsung ke kantor pajak.

Berikut ini petunjuk cara melakukannya dan apa saja keuntungan dari pelaporan pajak secara online.

Cara Lapor Pajak Online dengan E-Filing

Untuk menjadi negara yang memiliki perekonomian kuat, warga negara Indonesia harus menyadari pentingnya melaporkan dan membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Cara melaporkan pajak secara online adalah dengan menggunakan e-filing. E-filing merupakan suatu cara lapor pajak online atau penyampaian laporan SPT tahunan PPh melalui media online secara elektronik dan real time menggunakan jaringan internet. Untuk melakukan penyampaian laporan pajak online ini, wajib pajak hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada pada website resmi DJP Online. Atau bisa juga menggunakan website penyedia layanan SPT online (elektronik). Perlu Anda ketahui bahwa DJP online merupakan layanan pajak online resmi yang disediakan kepada para wajib pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Lantas, mengapa cara lapor pajak online harus menggunakan e-filing? Dengan menggunakan sistem online ini, tentunya akan memudahkan dan meningkatkan pelayanan perpajakan kepada para wajib pajak terkait dengan proses pelaksanaan hak dan kewajibannya. E-filing memungkinkan para pembayar pajak untuk mengisi serta mengirim SPT tahunan dengan efesien karena tersedia formulir elektronik pajak yang bisa diakses selama 24 jam. Berikut ini adalah langkah-langkah lapor pajak online menggunakan e-filing.

Pergi ke kantor pelayanan pajak

Cara lapor pajak online yang pertama adalah Anda pergi ke KPP untuk mengajukan permohonan terkait dengan aktivasi EFIN. Sekedar informasi, EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Identification Number yang artinya adalah nomor identitas resmi yang diterbitkan secara khusus oleh DJP untuk pembayar pajak yang ingin melakukan transaksi perpajakan melalui media elektronik dengan DJP. Jika wajib pajak tersebut adalah perseorangan atau pribadi, maka cara lapor pajak online untuk aktivasi EFIN ini tidak boleh diwakilkan oleh orang lain dan wajib dilakukan sendiri. Tapi jika yang ingin mendaftar adalah pajak badan, maka permohonan ini bisa dilakukan oleh pihak atau pengurus yang dipilih untuk mewakili lembaga atau badan terkait dengan pelaksanaan hal serta kewajiban perpajakan.

Mendaftarkan diri

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan diri. Tidak perlu khawatir, karena cara daftar pajak online juga tidaklah sesulit apa yang Anda pikirkan selama ini. Buat akun pada laman DJP online dan siapkan data-data yang diperlukan untuk melakukan proses pendaftaran. Data yang harus disiapkan diantaranya adalah EFIN dan NPWP. Untuk membuat akun, anda masukkan nomor EFIN, NPWP serta kode keamanan yan tertera lalu pilih tombol “verifikasi”. Kemudian, sistem pajak online secara otomatis akan mengirim identitas pengguna akun mulai dari NPWP, password serta link aktivasi menggunakan email yang sebelumnya Anda daftarkan. Klik link tersebut dan login ke laman DJP online dengan memasukkan nomor NPWP dan password yang sudah dikirimkan.

Isi dan kirip laporan SPT Tahunan

Cara lapor pajak online yang terakhir, Anda isi dan kirim laporan SPT tahunan. Caranya, masuk ke layanan e-filing di website layanan pajak online. Pilih “buat SPT” dan ikuti semua prosedur pelaporan SPT yang tersedia. Jika sudah, copy kode verifikasi yang dikirim melalui email Anda. Masukkan kode verifikasi tersebut ketika diminta laman pajak online dan klik “kirim SPT”.

Keuntungan cara lapor pajak menggunakan e-Filing

Akurat

Sebagai cara lapor pajak yang dilakukan secara online, perhitungan e-Filling dilakukan secara akurat. Perhitungan pajak secara otomatis ditangani oleh komputer. Oleh karena itu, dapat dipastikan bahwa perhitungan tersebut menghasilkan data yang tepat dan akurat. Hal ini tentunya akan mengurangi kesalahan dalam perhitungan seperti yang sering terjadi apabila dilakukan secara manual.

Cepat

Proses yang digunakan dalam e-Filing merupakan cara lapor pajak yang cepat. Karena sistem yang digunakan merupakan sistem online, maka proses ini dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Data yang diisikan akan segera diproses saat itu juga. Kemudahan ini dapat dimanfaatkan oleh para pekerja yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk melaporkan pajak secara online.

Gratis

Hal yang menjadikan cara lapor pajak menggunakan sistem e-Filing lebih diminati adalah karena tidak dipungut biaya apapun. Proses pelaporan pajak secara manual memerlukan beberapa petugas untuk memproses data. Selain memakan waktu, terdapat pula beberapa pembayaran yang harus dilakukan untuk memproses data tersebut. Tidak mengherankan apabila sistem online yang gratis ini lebih banyak peminatnya.

Mudah

E-Filing juga termasuk cara mudah lapor pajak. Berbeda halnya dengan pengisian data manual yang menggunakan kertas, wajib pajak hanya perlu memasukkan data yang diperlukan dengan cara mengetikkannya pada kolom isian yang sudah disediakan. Tidak hanya itu saja, fitur yang ada sudah mencakup validasi untuk pengisian SPT.

Praktis

Sistem online sering dianggap sebagai cara lapor pajak yang praktis karena tidak perlu menyertakan dokumen pelengkap. Dalam pelaporan pajak secara manual, wajib pajak perlu menyertakan dokumen pelengkap seperti formulir 1721 A1/A2, surat kuasa khusus, bukti pembayaran zakat, dan lain sebagainya. Dokumen tersebut tidak perlu dilampirkan kecuali memang diminta.

Itulah tadi rangkaian prosedur pelaporan pajak dengan memanfaatkan fasilitas e-Filing. Fasilitas ini sengaja disediakan oleh pemerintah untuk mempermudah cara lapor pajak yang selama ini dianggap terlalu rumit dan memakan waktu. Dengan keberadaan fitur ini, wajib pajak tidak perlu repot lagi dalam melaporkan pajaknya.

Your Thoughts