Cara Menghitung Pajak Penghasilan yang Harus Anda Ketahui

No Comments

Masih banyak orang yang kebingungan bagaimana cara menghitung pajak penghasilan. Padahal membayar pajak adalah hal yang wajib dan harus dipatuhi oleh setiap warga negara yang sudah memenuhi ketentuan sebagai seorang wajib pajak. Berikut ini adalah ulasan lengkap terkait dengan pengertian pajak penghasilan dan cara menghitung pajak penghasilan yang wajib untuk Anda ketahui.

Pengertian dan Cara Menghitung Pajak Penghasilan

Sebelum mengetahui cara menghitung pajak penghasilan, ada baiknya jika Anda memahami apa yang dimaksud dengan pajak penghasilan terlebih dahulu.  Hal ini dilakukan agar tidak timbul persepsi yang salah tentang pajak penghasilan yang diberlakukan pemerintah kepada warga negara Indonesia. Apalagi, pajak sendiri merupakan kontribusi warga negara untuk meningkatkan kualitas perekonomian dan pembangunan nasional sehingga Indonesia bisa lebih maju dan berkembang.

Pengertian pajak penghasilan ada pada Undang-undang tentang pajak penghasilan di pasal no 36 tahun 2008. Banyak orang yang menyebut pajak penghasilan ini dengan nama PPh 25. Awalnya, pajak penghasilan diberlakukan pada perusahaan yang bergelut di bidang perkebunan yang banyak dibangun di Indonesia dengan sebutan Pajak Perseroan atau PPs. Pajak ini diberlakukan mulai tahun 1925. Selanjutnya, pajak diterapkan pada perusahaan-perusahaan yang berdiri di Indonesia.

Semakin berjalannya waktu, pajak ini juga diberlakukan pada karyawan atau perorangan yang bekerja dalam suatu perusahaan. Pajak untuk perorangan ini dulu dikenal dengan sebutan Ordonasi Pajak Pendapatan, yang mana diberlakukan untuk orang Indonesia atau luar negara lain yang mempunyai pendapatan di Indonesia. Cara menghitung pajak penghasilan sekarang dan dulu tentunya akan berbeda.

Dulu, ordonasi tersebut dibayarkan oleh majikannya atau pimpinan perusahaan dengan memotong gaji atau upah karyawannya. Lantas, bagaimana dengan sistem pembayaran wajib pajak perseorangan sekarang ini? dan bagaimana cara menghitung pajak penghasilan?

Baca juga: Cara pengajuan SKB (Surat Keterangan Bebas) PPh

Ini Dia Cara Menghitung Pajak Penghasilan

Menghitung penghasilan bruto

Cara menghitung pajak penghasilan yang pertama adalah Anda hitung penghasilan bruto setiap bulannya. Caranya, Anda jumlahkan penghasilan secara keseluruhan setiap bulan termasuk dengan tunjangan-tunjangan lainnya jika memang ada. Tunjangan tersebut bisa berupa premi jaminan kematian, premi asuransi, jaminan kecelakaan kerja, tunjangan perumahan, tunjangan transport dan lain sebagainya yang sifatnya teratur. Jangan lupa untuk menjumlahkan uang perjalanan dinas, uang cuti, uang lembur, tunjangan hari raya dan tunjangan lain. Setelah menjumlahkan semuanya, akan didapat penghasilan bruto Anda setiap satu bulan.

Menghitung netto atau penghasilan bersih

Cara menghitung pajak penghasilan selanjutnya adalah menemukan netto atau penghasilan bruto selama bekerja 1 bulan. Caranya Anda kurangi penghasilan netto setiap bulan dengan pengurangannya. Pengurang yang dimaksudnya misalnya iuran pensiun (2% gaji pokok), biaya jabatan (5% gaji pokok), iuran pensiun (2% gaji pokok) dan lain sebagainya. Maka akan terlihat jumlah penghasilan bersih Anda.

Menghitung penghasilan bersih dalam waktu setahun

Cara menghitung penghasilan bersih selama satu tahun sangat mudah. Anda hanya perlu mengalikan jumlah penghasilan bersih atau netto 12 kali. Dengan begitu, akan terjumlah jumlah penghasilan bersih Anda dalam satu tahun.

Menghitung PKP atau Penghasilan Kena Pajak

Cara menghitung pajak penghasilan selanjutnya adalah menghitung penghasilan kena pajak. Cara menghitungnya adalah Anda kurangi penghasilan bersih selama setahun dengan penghasilan yang tidak dikenakan pajak (PTKP). Perlu diketahui bahwa PTKP berbeda-beda tergantung dari status di wajib pajak. Perbedaan status ini berdasarkan tanggungan yang dimiliki antara yang belum menikah, sudah menikah tapi belum memiliki anak (K-0), menikah dan memiliki anak 1 (K-1), menikah dan memiliki anak 2 (K-2) dan lain seterusnya.

Menghitung Pph 25 yang wajib dibayarkan

Terakhir, Anda kalikan PKP dengan tari PPh 25 yang sudah diberlakukan. Langkah-langkah untuk perhitungan PPh 25 ini tertuang dalam Undang-Undang No 36 tahun 2008.

Bagaimana? cara menghitung pajak penghasilan sangat mudah bukan? Silahkan menghubungi kami jika Anda masih bingung atau mengalami kendala. Dengan senang hati kami akan membantu menyelesaikan masalah Anda.

Baca juga: pengertian tax amnesty

Sekian ulasan tentang cara menghitung pajak penghasilan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semuanya.

Your Thoughts