Pajak Tahunan dan Beberapa Jenisnya Yang Perlu Kita Ketahui

No Comments

Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan terbesar suatu negara. Ketentuan tentang pajak dan penggunaan diatur dalam Undang-undang. Berbagai macam pajak diterapkan pada objek pajak, salah satunya pajak tahunan. Secara sederhana, jenis pajak ini sangat bergantung pada periode pembayaran. Pajak dibayar sekali dalam satu tahun dan secara terus-menerus berdasarkan ketentuan tertentu. Ada banyak hal terkait pajak ini yang perlu Anda ketahui.

Jenis Pajak Tahunan

Pajak penghasilan

Salah satu jenis pajak tahunan yang sangat dikenal dan sudah umum adalah pajak penghasilan. Jenis pajak ini diatur dalam peraturan pemerintah serta dikenakan pada individu yang memiliki penghasilan minimum kena pajak. Berdasarkan pengertian pajak tahunan, pajak penghasilan mengikat kepada objek pajak setiap tahun. Jadi, Anda harus membayar pajak penghasilan berdasarkan pendapatan yang diterima pertahun. Pemerintah berulang kali direvisi jumlah minimal pendapatan yang dikenakan pajak. Jika pendapatan Anda dibawah jumlah tersebut, maka tidak akan dikenakan pajak.

Pajak kendaraan

Pajak tahunan lain adalah pajak kendaraan bermotor. Pajak ini terdiri dari beberapa macam, tetapi objek utamanya adalah kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, truk, dan lainnya. Setiap tahun pemilik kendaraan diwajibkan membayar pajak dengan jumlah tertentu. Slip bukti pembayaran disatukan dengan STNK kendaraan tersebut. Pajak ini juga dikenai sifat progresif yaitu pajak akan bertambah seiring dengan bertambahnya kepemilikan kendaraan.

Pajak tanah, bumi, dan bangunan

Setiap tahun, rumah atau tanak dikenakan pajak. Hal inilah yang menjadikan PBB masuk dalam kategori pajak tahunan. Ada beberapa kriteria objek pajak yang terkait dengan PBB. Setiap rumah atau bangunan yang memiliki hak guna dikenakan pajak berdasarkan dengan nilai jualnya. Pemerintah menentukan jumlah minimal yang harus dibayarakan. Setiap daerah memberikan batas minimal tertentu sehingga akan berbeda antara satu dengan lainnya.

Pajak perusahaan

Perusahaan merupakan objek pajak yang juga dikenakan pajak tahunan. Perusahaan terdiri dari beberapa jenis seperti perusahaan pribadi, perseroan terbatas, dan CV. Koperasi juga bagian dari perusahaan karena berbentuk badan hukum yang berkecimpung dalam usaha tertentu. Jenis pajak yang dikenakan disesuaikan dengan keuntungan yang diperoleh.

Pelaporan Pajak Tahunan

Mengisi e-filling

Wajib pajak diharuskan mengisi formulir sebagai bahan pelaporan pajak tahunan. Hal ini tersebut diperuntukkan untuk pembajaran pajak penghasilan. Pelaporan pajak tahunan harus sesuai dengan kenyataan serta dilampirkan beberapa bukti-bukti seperti slip gaji dan rekening bank terakhir.

Pembayaran pajak

Pembayaran pajak antara yang satu dengan lainnya berbeda. Untuk pajak kendaraan bermotor, Anda cukup mengunjungi kantor samsat sesuai dengan domisili dan asal kendaraan. Kantor pajak telah dibuka di seluruh wilayah Indonesia untuk melayani pembayaran, pelaporan, dan segala kegiatan terkait pajak, termasuk edukasi. Pajak tahunan merupakan jenis pajak yang banyak ditangani kantor ini.

Konsultasi pajak

Tidak semua informasi dan peraturan terkait pajak dapat dimengerti oleh banyak orang. Pajak perusahaan merupakan jenis pajak yang sangat kompleks sehingga membutuhkan konsultan pajak yang khusus menangani hal ini. Selain itu, beberapa pajak tahunan lain juga membutuhkan bantuan atau jasa konsultan untuk memudahkan perhitungan. Sebagai contoh pajak penghasilan bagi seseorang yang bekerja sekaligus berwiraswasta. Apakah pajak penghasilan terpisah atau disatukan dengan usaha yang dimilikinya? Inilah tugas dari konsultan pajak untuk memberi penjelasan.

Sanksi pajak

Keterlambatan pembayaran pajak akan dikenakan sanksi sesuai dengan jenis pajak dan waktu keterlambatannya. Setiap pajak tahunan memiliki sanksi yang berbeda-beda. Jika Anda terlambat membayar pajak kendaraan bermotor, maka sanksi akan dikenakan berdasarkan jumlah hari dan bulan. Sanksi tersebut diakumulasikan secara langsung.

Your Thoughts