Info Seputar Pengertian dan Tujuan Tax Amnesty yang Ingin Dicapai Pemerintah

No Comments

Adanya UU no. 11 tahun 2011 mengenai Pengampunan pajak membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan yang dinamakan dengan tax amnesty. Istilah itu sendiri memiliki definisi sebagai kebijakan yang mengatur penghapusan pajak dimana statusnya seharusnya terutang namun karena adanya pengungkapan Harta dan pembayaran uang Tebusan, status terutang menjadi tidak dikenai sanksi perpajakan dan pidana sesuai dengan UU Perpajakan. Apa sebenarnya tujuan tax amnesty yang ingin dicapai oleh pemerintah Indonesia dan apa saja manfaatnya.

Beberapa Tujuan Tax Amnesty

Diberlakukannya kebijakan tax amnesty juga tidak lepas dari tujuan utama tax amnesty yang diberlakukan tersebut. Tujuan tax amnesty itu sendiri diatur dalam Undang-undang no.11 tahun 2016 yang diantaranya meliputi:

Mendukung percepatan pertumbuhan serta restrukturisasi ekonomi

Tujuan tax amnesty yang pertama tersebut akan membantu berbagai bidang kehidupan ekonomi dalam pemerintahan negara maupun masyarakat. Pengalihan harta dalam pemberlakuan kebijakan tax amnesty akan membantu meningkatkan likuiditas domestic, memperbaiki nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, meningkatkan investasi, serta membantu dalam penurunan suku bunga.

Mendorong reformasi perpajakan

Tujuan tax amnesty yang kedua adalah membantu semakin baiknya proses reformasi perpajakan kea rah yang lebih baik. Dengan adanya reformasi yang lebih baik dalam sistem perpajakan, pelaksanaan perpajakan akan lebih berkeadilan. Selain itu, basis data perpajakan yang valid, terintegrasi, serta komprehensif juga akan tercapai dan membuat sistem perpajakan lebih baik.

Meningkatkan penerimaan pajak

Tujuan tax amnesty yang terakhir adalah meningkatkan penerimaan pajak yang akan sangat berguna untuk membiayai pembangunan negara. Dengan begitu, proses perpajakan yang di dalamnya mencakup pembayaran perpajakan akan sangat berguna untuk meningkatkan proses pembangunan.

Asas dan Manfaat dalam Tercapainya Tujuan Tax Amnesty

Untuk mencapai tujuan tax amnesty tersebut, semua pihak terkait harus berpegang teguh pada asas-asas sebagaimana yang diuraikan dalam keterangan berikut:

Kepentingan nasional.

Diberlakukannya tax amnesty dilakukan dengan mengutamakan kepentingan bangsa, negara, serta masyarakat di atas kepentingan lainnya

Kepastian hukum

Dalam rangka tercapainya tujuan tax amnesty, jaminan kepastian hukum untuk ketertiban masyarakat juga perlu diwujudkan.

Kemanfaatan

Pemberlakuan kebijakan tax amnesty memiliki manfaat untuk memajukan kesejahteraan umum terhadap kepentingan negara, bangsa, dan masyarakat.

Keadilan

Dalam hal ini, keseimbangan hak dan kewajiban bagi seluruh pihak yang terlibat harus dijunjung tinggi.

Selain tujuan tax amnesty, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari pemberlakuan kebijakan tax amnesty, diantaranya adalah:

Pajak terutang dihapus

Sanksi administrasi dan pidana mengenai segala hal terkait dengan masa pajak, tahun pajak, dan sebagainya tidak akan dikenakan pada wajib pajak yang pajak terutangnya belum diterbitkan ketetapan pajak.

Sanksi administrasi perpajakan dihapus

Sanksi administrasi yang umumnya berupa denda atau bunga yang berkaitan dengan PPh, PPN, dan PPnBM dapat dihapus.

Pemeriksaan pajak dan bukti permulaan serta penyidikan dapat dihentikan

Pemeriksaan maupun penyidikan permulaan mengenai kewajiban perpajakan bisa dihentikan ketika Tax Amnesty diberikan kepada Wajib Pajak.

Pemeriksaan dan penyidikan tidak perlu dilakukan

Pemeriksaan maupun penyidikan mengenai Tahun Pajak, bagian Tahun Pajak, dan sebagainya juga tidak perlu dilakukan apabila tax amnesty diberlakukan kepada Wajib Pajak.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa ada beberapa tujuan dan manfaat tax amnesty yang menjelaskan betapa pentingnya pemberlakuan kebijakan tax amnesty bagi para Wajib Pajak. Program ini akan sangat berguna bagi pemerintah maupun Wajib Pajak yang mengikuti program ini. Agar tujuan tersebut tercapai, ada beberapa asas yang perlu dilaksanakan pula. Bagaimana dengan Anda? Semoga artikel ini bermanfaat.

Your Thoughts